Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
UKHTI AGUS SETYAWATI (STUDENT ID : 3420180049)
naning kurniawati (LECTURER ID : 0718098503)
festian cindar bumi (LECTURER ID : 0709068903)
Subject
510 Matematika
Datestamp
2022-09-21 01:20:03
Abstract :
Pemahaman matematis merupakan tujuan dalam pembelajaran matematika. Pemahaman matematika merupakan landasan penting untuk berpikir ketika memecahkan masalah dan masalah matematika itu sendiri. Hal itu mengakibatkan banyak pemahaman matematis telah menarik perhatian para peneliti dan pendidik. Kemampuan pemahaman matematis siswa tergolong rendah, hal itu dapat dilihat dari hasil ulangan peserta didik yang nilainya banyak yang ?65 masih di bawah ketuntasan belajar. Karena kemampuan pemahaman merupakan dasar kemampuan dari kemampuan pemahaman matematis lainya, maka dari itu, pentingnya kemampuan pemahaman matematis ditingkatkan dengan maksimal.
Berdasarkan masalah diatas, perlu adanya pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) yaitu pendekatan pembelajaran yang dianggap dapat membuat kemampuan pemahaman matematis lebih baik. Pembelajaran dengan pendekatan RME merupakan pembelajaran yang berorientasi pada kehidupan sehari-hari sehingga pembelajaran lebih konkrit dan siswa mudah memahami pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode campuran konkuren/satu waktu (concurrent mixed methods) yaitu strategi penelitian yang mengkombinasikan antara metode kualitatif dan metode kuantitatif dalam satu waktu. Adapun data penelitian berjumlah 32 siswa di SMPN 1 Sukosewu, masing-masing peserta didik diberikan soal pre test kemampuan pemahaman matematis (TKPM) setelah itu diterapkannya pendekatan pembelajaran RME dan dipertemuan terahir diberikan post test guna mengetahui keefektifan pendekatan pembelajaran RME pada kemampuan pemahaman matematis siswa. Kemudian dilanjutkan dengan wawancara untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa yang nilai rendah.
Berdasarkan hasil pre test kemampuan pemahaman matematis menunjukkan bahwa dari 32 siswa nilai rata-rata masih rendah 62,5% dibawah rata-rata dan 37,5% di atas rata-rata, namun setelah diberikannya pendekatan pembelajaran RME hasil post test (TKPM) menunjukkan bahwa dari 32 siswa terlihat bahwa rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 21,9% di bawah rata-rata dan 78,1% di atas rata-rata. Berdasarkan hasil dari pre test dan post test terlihat bahwa setelah pendekatan pembelajaran RME di terapkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik mengalami peningkatan sebesar 40,6% jadi terbukti bahwa ada pengaruh positif pada pendekatan pembelajaran RME.