DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MARIENKÄFER PADA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS 3 MADRASAH IBTIDAIYAH
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
VEVI INDIYANI (STUDENT ID : 20185501260235)
M. Romadlon Habibullah (LECTURER ID : 2109058801)
Suttrisno Suttrisno (LECTURER ID : 0717069401)
Subject
028 Membaca dan menggunakan media informasi lainnya 
Datestamp
2022-09-24 01:08:58 
Abstract :
Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh adanya media pembelajaran yang dapat merangsang atau memudahkan proses belajar-mengajar. Akan tetapi, lemahnya minat siswa dalam belajar matematika mengakibatkan siswa kurang memahami materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan menggunakan teknik menyimpan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran Marienkäfer pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall yang diadopsi oleh Sugiyono terdiri dari 7 tahap penelitian, yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk. Pengembangan ini dipilih karena tahapannya yang sistematis dan sesuai dengan kebutuhan pengembangan media Marienkäfer pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Hasil penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran Marienkäfer pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Hasil validasi ahli media dan ahli materi menunjukkan persentase 86,6% dan 87,6% dengan kriteria sangat valid. Hasil pre-test mendapat nilai rata-rata 56 dan post-test mendapat nilai rata-rata sebesar 86. Dengan demikian media pembelajaran Marienkäfer layak digunakan pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri