DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA PELAJARAN PAI MATERI MENITI HIDUP DENGAN KEMULIAAN DI KELAS X MIPA 4 SMA NEGERI 1 RENGEL
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
Irfa Nur Aeni (STUDENT ID : 201855010104422)
Giati Anisah (LECTURER ID : 2104079104)
Subject
215 Sains, Ilmu Pengetahuan dan Agama 
Datestamp
2022-09-24 02:54:46 
Abstract :
Kemajuan pada masa modern menuntut berbagai keterampilan termasuk pada bidang pendidikan. Peserta didik dituntut memiliki berbagai keterampilan pada setiap proses pembelajaran termasuk didalamnya keterampilan berpikir kreatif. Keterampilan berpikir kreatif diperlukan agar peserta didik mampu berpikir luas terkait mata pelajaran yang diajarkan terlebih pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. tujuan penelitian ini adalah untuk mendeteksi pengaruh metode pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Talk Write terdapat keterampilan berpikir kreatif pada pelajaran PAI materi meniti hidup dengan kemuliaan siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Rengel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen, sedangkan desain One-Group Pre Test Post Test Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun sampelnya ialah 17 peserta didik kelas eksperimen dan 17 peserta didik kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik pengambilan data dilakukan dengan memberikan tes yaitu pretest dan posttest. Analisis data yang dilakukan ialah uji coba instrumen dan uji analisis data. Pada uji statistik inferensial dengan menggunakan dengan bantuan SPSS versi 24 pada nilai Posttest XY diperoleh nilai signifikansi < 0,05 yakni 0,000 < 0,05 maka hasil yang diperoleh adalah Ho ditolak dan Ha diterima. dengan demikian hasil posttest XY menunjukkan ada pengaruh signifikan metode Cooperative Learning Tipe Think Talk Write terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil uji N-Gain berbeda Perhitungan uji N-Gain score menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score adalah sebesar 11,2068 atau 11,3% termasuk dalam kategori efektif dengan nilai N-gain score minimal 0,0% dan maksimal 20,24%.Maka dari perhitungan N-Gain penggunaan metode Cooperative Learning efektif untuk meningkatkan kreatifitas pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri