Abstract :
Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan lingkungan yang semakin banyak ditemui dan dihadapi oleh masyarakat Indonesia, salah satu solusi untuk menjawab permasalahan tersebut adalah melalui pendidikan khususnya Pendidikan Agama Islam. Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam membutuhkan berwawasan lingkungan yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dan dibutuhkan pula budaya sekolah yang peduli lingkungan dalam menanamkan rasa peduli lingkungan pada siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah: Mendeskripsikan Konsep Sekolah Ramah Lingkungan Berbasis Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 BOJONEGORO dan Mendeskripsikan Implementasi Pengembangan Sekolah Ramah Lingkungan Berbasis Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 BOJONEGORO. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dimana data yang di peroleh berasal dari wawancara, dokumentasi dan observasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Konsep Sekolah Ramah Lingkungan Berbasis Pendidikan Agama Islam dilakukan melalui prinsip Pendidikan Agama Islam berbasis lingkungan hidup,seperti prinsip penciptaan manisua, prinsip hubungan manusia dengan alam dan prinsip kebutuhan . (2) Implementasi Pengembangan Sekolah Ramah Lingkungan Berbasis Pendidikan Agama Islam dilakukan melaui kurikulum Peduli lingkungan dan Penanaman etika lingkungan Islam dengan Pendidikan Agama Islam.