DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KELOMPOK KERJA GURU (KKG) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI KELAS V DAN VI DI SDN KALIREJO KECAMATAN BOJONEGORO KABUPATEN BOJONEGORO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
NUR MUFIDAH (STUDENT ID : 2009550102359)
Anas Yusuf (LECTURER ID : 0000000000)
Syaifuddin Syaifuddin (LECTURER ID : 0000000000)
Subject
207 Misi dan pendidikan agama 
Datestamp
2021-10-26 22:02:01 
Abstract :
Keberadaan peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan, karena guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal maupun informal. Oleh sebab itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, tidak dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi guru itu sendiri. Maka setiap guru dituntut meningkatkan profesionalisme, yaitu setiap guru harus meningkatkan kompetensinya, baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial maupun profesional. Dengan kompetensi ini guru diharap dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik, menjadi teladan bagi siswa, serta mampu mengembangkan profesinya. Kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman modern dan industrialisasi yang pesat membawa tantangan-tantangan tersendiri terhadap kehidupan beragama dan menurut guru pendidikan agama Islam untuk mampu berperan menampilkan nilai-nilai agama yang dinamis dan mendorong serta mengarahkan kemajuan-kemajuan itu. Maka dengan itu peran KKG (Kelompok Kerja Guru) sangatlah penting untuk meningkatkan profesionalisme berkarya dan berprestasi di dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Berpijak dari uraian di atas permasalahan peneliti ini adalah Kelompok Kerja Guru sangat berpengaruh terhadap prestasi-prestasi peserta didik ternyata KKG sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi siswa. Yang mana siswa dapat nilai rata-rata dari belajar dengan persiapan yang matang memperoleh nilai bagus. Berdasarkan perhitungan dari analisa, telah diketahui bahwa nilai ro atau rxy sama dengan 0,486. Dan nilai r dalam variabel x utuk N = 36 untuk taraf signifikansi 5% = 0,339 dan untuk taraf signifikansi 1% = 0,436. Dengan demikian perolehan rxy atau ro adalah jauh lebih tinggi dan ini berarti ada hubungan yang signifikan atau meyakinkan antara Pengaruh KKG terhadap prestasi belajar PAI SDN Kalirejo Bojonegoro baik taraf signifikansi 1% maupun 5%. Pedoman penggunaan nilai r product moment pada variabel (rt) adalah bilamana nilai ro yang diperoleh dari pengolahan data sama dengan atau lebih besar Keberadaan peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan, karena guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal maupun informal. Oleh sebab itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, tidak dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi guru itu sendiri. Maka setiap guru dituntut meningkatkan profesionalisme, yaitu setiap guru harus meningkatkan kompetensinya, baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial maupun profesional. Dengan kompetensi ini guru diharap dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik, menjadi teladan bagi siswa, serta mampu mengembangkan profesinya. Kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman modern dan industrialisasi yang pesat membawa tantangan-tantangan tersendiri terhadap kehidupan beragama dan menurut guru pendidikan agama Islam untuk mampu berperan menampilkan nilai-nilai agama yang dinamis dan mendorong serta mengarahkan kemajuan-kemajuan itu. Maka dengan itu peran KKG (Kelompok Kerja Guru) sangatlah penting untuk meningkatkan profesionalisme berkarya dan berprestasi di dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Berpijak dari uraian di atas permasalahan peneliti ini adalah Kelompok Kerja Guru sangat berpengaruh terhadap prestasi-prestasi peserta didik ternyata KKG sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi siswa. Yang mana siswa dapat nilai rata-rata dari belajar dengan persiapan yang matang memperoleh nilai bagus. Berdasarkan perhitungan dari analisa, telah diketahui bahwa nilai ro atau rxy sama dengan 0,486. Dan nilai r dalam variabel x utuk N = 36 untuk taraf signifikansi 5% = 0,339 dan untuk taraf signifikansi 1% = 0,436. Dengan demikian perolehan rxy atau ro adalah jauh lebih tinggi dan ini berarti ada hubungan yang signifikan atau meyakinkan antara Pengaruh KKG terhadap prestasi belajar PAI SDN Kalirejo Bojonegoro baik taraf signifikansi 1% maupun 5%. Pedoman penggunaan nilai r product moment pada variabel (rt) adalah bilamana nilai ro yang diperoleh dari pengolahan data sama dengan atau lebih besarKeberadaan peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan, karena guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal maupun informal. Oleh sebab itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, tidak dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi guru itu sendiri. Maka setiap guru dituntut meningkatkan profesionalisme, yaitu setiap guru harus meningkatkan kompetensinya, baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial maupun profesional. Dengan kompetensi ini guru diharap dapat merencanakan dan melaksanakan pembelaj 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri