Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
FIRDA SYARIFATUN NISA (STUDENT ID : 201855010104417)
Giati Anisah (LECTURER ID : 2104079104)
Fahmi Khumaini (LECTURER ID : 2104099007)
Subject
205 Etika keagamaan, etika agama
Datestamp
2022-09-27 09:04:52
Abstract :
Pada masa kini, teknologi adalah sebagian dari kebutuhan pokok bagi manusia. Bukan lagi sekadar kebutuhan sekunder atau tersier. Teknologi merupakan cara manusia dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan untuk memecahkan suatu masalah secara praktis. Seiring perkembangan zaman, teknologi semakin berkembang. Teknologi yang sering digunakan oleh siswa untuk bermain game adalah gadget. penggunaan gadget yang berlebihan dapat berdampak pada kehidupan anak terutama terhadap akhlak dan minat belajar anak, bermain game online dapat menyebabkan anak sering menghiraukan nasehat orang tua, serta mengabaikan tugas sekolah karena anak terlalu fokus dengan gadgetnya. Penelitian yang gunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan dari orang - orang dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bermaksud mengadakan pemeriksaan dan pengukuran-pengukuran terhadap gejala tertentu. Hasil penelitian dampak pola asuh orang tua adalah sikap compulsive gaming dan minat belajar siswa, faktor yang mempengaruhi siswa compulsive gaming yaitu kurangnya perhatian, pertemanan, kurangnya kegiatan. Dampak dari pola asuh orang tua dan sikap compulsive gaming adalah minat belajar siswa yang menurun, nilai turun, kesehatan, emosional. Sedanglan upaya yang dilakukan orang tua yaitu dengan meminimalisir penggunaan gadget dan mendampingi anak ketika belajar.