Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
SA'ADAH, ROUDLOTUS
Agus Moh Sholahuddin (LECTURER ID : 0710089104)
Subject
204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
Datestamp
2022-09-26 08:09:09
Abstract :
Pembelajaran Qowaidul Fiqhiyyah adalah salah satu upaya dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Abu Darrin Dander Bojonegoro. Dengan mempelajari kaidah-kaidah fikih, siswa mengetahui prinsip-prinsip umum fikih dan akan mengetahui pokok masalah yang mewarnai fikih, kemudian menjadi titik temu dari masalah-masah fikih. Baik masalah yang sudah terjadi maupun masalah yang baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang sering disebut metode penelitian naturalistik. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelititan ini adalah siswa kelas X guru fikih dan guru Qowaidul Fiqhiyyah. Dalam teknik analisis data yang dilakukan adalah koleksi data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas berupa perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan uji confirmability. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) implementasi pembelajaran Qowaidul Fiqhiyyah menggunakan metode klasikal, tanya jawab dan muroja?ah, (2) faktor pendukung dan penghambat penerapan pembelajaran Qowaidul Fiqhiyyah yaitu faktor guru, siswa, lingkungan dan alokasi waktu, (3) hasil penerapan pembelajaran Qowaidul Fiqhiyyah mampu menambah wawasan dan pemahaman siswa pada mata pelajaran fikih di MA Abu Darrin.