Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
SITI DHUROTUN NAFISAH (STUDENT ID : 201855010104626)
GIATI ANISAH (LECTURER ID : 2104079104)
KHOIROTUS SILFIYAH (LECTURER ID : 2119049201)
Subject
207 Misi dan pendidikan agama
Datestamp
2022-09-27 05:54:56
Abstract :
pembelajaran yang sesuai antara materi dengan siswa menjadi hal yang penting supaya hubungan antara guru dengan siswa dapat saling memahami. Perkembangan zaman ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru dalam pemilihan model pembelajaran karena masih banyak siswa yang kurang bersemangat serta antusias dalam pembelajaran yang dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah model pembelajaran tebak kata dan implementasinya pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Miftahul Huda Kedungtuban Blora, Mendeteksi hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran tebak kata pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Miftahul Huda Kedungtuban Blora, Mendeteksi pengaruh model pembelajaran tebak kata pada hasil belajar sejarah kebudayaan Islam di MTs Miftahul Huda Blora.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Adapun sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII MTs Miftahul Huda. Tehnik pengumpulan data berupa wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, observasi, angket (kuesioner), dan tes. Tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial.
Pada analisis inferensial dan deskriptif dengan bantuan SPSS versi 28 maka diperoleh hasil dari angket dengan rata-rata 43,8261, nilai terendah 38, tertinggi 49 dan standar deviasi 3,28429. Hasil dari tes dengan rata-rata 85,6522 nilai terendah 70,00, tertinggi 95,00 dan standar deviasi 5,89768. Kemudian pada uji hipotesis ini diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,003 < 0,005 dengan demikian maka hasil H0 ditolak dan Ha diterima sehingga hipotesis yang diterima adalah ada pengaruh model pembelajaran tebak kata pada hasil belajar siswa di kelas VII MTs Miftahul Huda.