DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS ENTREPRENEURSHIP KELAS X DI MADRASAH ALIYAH MATHOLI'UL FALAH SIMO SOKO TUBAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
M. AINUN FADLIL ADZIM (STUDENT ID : 201855010104426)
Ari Abi Aufa (LECTURER ID : 2107057802)
Hamidatun Nihayah (LECTURER ID : 2124028403)
Subject
207 Misi dan pendidikan agama 
Datestamp
2022-09-27 07:27:55 
Abstract :
Fungsi dari pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mewujudkan fungsi pendidikan tersebut, salah satunya adalah melalui pendidikan entrepreneurship. Madrasah Aliyah Matholi?ul Falah adalah salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan pendidikan entrepreneurship yang dituangkan dalam pembelajaran fiqih Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan member check Hasil penelitian ini adalah: (1) Implementasi pembelajaran fiqih berbasis entrepreneurship kelas X di Madrasah Aliyah Matholi?ul Falah Simo Soko Tuban, guru fiqih terlebih dahulu akan mempersiapkan dan memilih metode pembelajaran sesuai dengan materi pembelajaran. Internalisasi nilai-nilai entrepreneurship lebih diprioritaskan terhadap bab konsep ekonomi Islam, konsep muamalah dalam Islam, riba bank dan asuransi. Nilai-nilai entrepreneurship yang diinternalisasikan dalam pembelajaran fiqih kelas X Madrasah Aliyah Matholi?ul Falah meliputi: Jujur, optimis, disiplin, tanggung jawab, kepemimpinan, kerjasama, santun, responsif, proaktif, percaya diri, berani mengambil resiko, mandiri, kreatif dan inovatif (2) Pengaruh implementasi pembelajaran fiqih berbasis entrepreneurship kelas X di Madrasah Aliyah Matholi?ul Falah Simo Soko Tuban cukup efektif, meskipun terdapat banyak hal yang perlu diperbaiki (3) Faktor pendukung implementasi pembelajaran fiqih berbasis entrepreneurship kelas X di Madrasah Aliyah Matholi?ul Falah Simo Soko Tuban adalah kebijakan pemerintah dalam kurikulum, support lingkungan sekitar dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah modal, kurangnya semangat belajar peserta didik dan pengaruh pergaulan yang buruk. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri