DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH TAUHIDIYAH 1 BUBULAN BOJONEGORO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
Alifia Nur Hidayah (STUDENT ID : 201855010104456)
Ulfa Ulfa (LECTURER ID : 2121067401)
Subject
207 Misi dan pendidikan agama 
Datestamp
2022-10-19 06:30:22 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya kemampuan komunikasi guru sebagai alat interaksi antara guru dan siswa, yang mana tugas guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa melalui interaksi komunikasi dalam proses belajar mengajar yang dilakukannya. Disinilah para guru dituntut untuk dapat membangun interaksi sebaik mungkin dengan siswa sehingga tercipta suasana belajar yang menyenangkan dan selalu memotivasi siswa untuk terus belajar. Oleh karena itu seorang guru harus memiliki keterampilan berkomunikasi agar dapat melaksanakan tugasnya secara efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi guru Sejarah Kebudayaan Islam, untuk mengetahui hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa, dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar siswa di MTs Tauhidiyah 1 Bubulan Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Quota Sampling dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah korelasi Product moment. Hasil perhitungan uji korelasi pada variabel kemampuan komunikasi dengan hasil belajar menggunakan program SPSS for windows 22.0 maka diperoleh hasil yaitu rhitung= 0,438 yang berada pada interval 0,40 - 0,599 dengan tingkat hubungan cukup. Hasil pengujian korelasi diperoleh rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,438 > 0,361 dengan nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, sebagai konsekuensinya hipotesis (Ha) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan komunikasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs Tauhidiyah 1 Bubulan. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri