Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
Fia Rohmawati (STUDENT ID : 201855010104415)
Subject
373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Datestamp
2022-09-29 05:59:27
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Falah Cangaan Kanor Bojonegoro, dalam menyampaikan pembelajaran guru masih menggunakan media buku. Dengan demikian menyebabkan pembelajaran yang tidak efektif sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang tergolong rendah. Mind map adalah cara mencatat yang efektif, efisien, kreatif, menarik, dan mudah karena dilakukan dengan cara memetakan pikiran-pikran kita. Sistem yang terpancar (radiant thingking) sehingga dapat mengembangkan ide dan pemikiran ke segala arah dan melihatnya secara utuh dalam berbagai sudut pandang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perencanaan media Mind Map pada pembelajaran Al-Quran Hadist, Mengetahui Pelaksanaan media Mind Map pada pembelajaran Al-Quran Hadist, faktor pendukung serta faktor penghambat dalam studi penggunaan media Mind Map di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Falah Cangaan Kanor Bojonegoro. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, pendekatan yang digunakan untuk mpenelitian adalah pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) dengan merencanakan penggunaan media mind map pada mata pelajaran Al-Quran Hadist adalah agar pembelajaran sesuai dengan apa yang diharapkan dan siswa dengan mudah untuk memahami materinya (2) Dengan diterapkannya studi penggunaan media Mind Map pada mata peljaran Al-Quran Hadist Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Falah Cangaan Kanor Bojonegoro ini adalah agar proses belajar mengajar lebih baik dari sebelumnya. Sehingga siswa dapat belajar dengan suasana yang menyenangkan dan mengairahkan. (3) faktor pendukung media mind map adalah melatih anak menjadi kreatif, menghemat waktu belajar, memudahkan anak berkonsentrasi faktor penghambat media mind map adalah hanya siswa yang aktif yang dapat terlibat, tidak seluruh murid belajar, jumlah detail informasi tidak dapat dimasukkan.