Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
ELVI MUKAROMAH (STUDENT ID : 201855010104461)
Hamam Burhanuddin (LECTURER ID : 2109028601)
Zumrotul Fauziah (LECTURER ID : 2112119203)
Subject
207 Misi dan pendidikan agama
Datestamp
2022-09-28 09:02:19
Abstract :
Guru merupakan orang yang tugasnya merencanakan dan melakukan proses pembelajaran, yang memiliki peranan besar dalam membentuk sumber daya manusia. Namun, ada problem yang dialami siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Sunan Bonang yaitu sebagian siswa kurang memahami apa yang disampaikan oleh guru, minat belajar siswa kurang, dan siswa ramai sendiri di kelas. Guru mengalami masalah dalam penggunaan media dan sering menggunakan metode ceramah yang berdampak siswa mengantuk dan tidak semangat untuk belajar. Selain itu, juga kurangnya sarana dan prasarana dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa di MTs Sunan Bonang dilakukan oleh guru melalui persiapan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, dan evaluasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, (2) problematika pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa di MTs Sunan Bonang adalah problem guru, problem siswa, dan problem sarana dan prasarana, (3) upaya guru untuk mengatasi problematika pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa di MTs Sunan Bonang yaitu: guru akan menggunakan metode yang bervariasi, lebih kreatif dalam membuat media pembelajaran, harus pandai mengatur strategi agar dapat menarik minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, selalu berusaha memberikan bimbingan, arahan, dan dorongan agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran, dan akan memaksimalkan pelayanan sarana dan prasarana yang ada di sekolah.