DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MATERI PECAHAN PADA SOAL CERITA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
Nur Hidayati (STUDENT ID : 3420180037)
Astrid Chandra Sari (LECTURER ID : 0721059101)
Ismanto Ismanto (LECTURER ID : 0709108004)
Subject
510 Matematika 
Datestamp
2022-09-29 01:31:02 
Abstract :
Kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal cerita dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Semakin banyak kesalahan yang dilakan maka nilai yang didapat juga semakin rendah. Oleh karena itu, untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa maka perlu dilakukannya analisis kesalahan pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan materi pecahan pada soal cerita. Untuk mengetahui jenis kesalahan siswa menggunakan prosedur kesalahan Newman. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Padangan, dengan pemilihan siswa kelas VII F yang berkemampuan sedang paling atas dan paling bawah serta berkemampuan rendah paling atas dan paling bawah sebagai subjek penelitian. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan tes, wawancara, dan analisis rubrik indikator kesalahan siswa. Tahap analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan oleh subjek berkemampuan sedang paling atas dan paling bawah, subjek berkemampuan rendah paling atas yaitu kesalahan yang dilakukan subjek berkemampuan sedang yaitu kesalahan mentransformasikan masalah (Transformation Errors) dan jenis kesalahan yang dilakukan subjek berkemampuan rendah paling bawah yaitu kesalahan membaca masalah (Reading Errors). 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri