DETAIL DOCUMENT
Efektifitas pembelajaran kontekstual dengan pendekatan masyarakat belajar (learning community) Pada mata pelajaran fikih Di madrasah ibtidaiyah falahiyah kandangan trucuk bojonegoro
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
SITI KHOIRIYAH (STUDENT ID : 20165501260139)
Yogi Prana Izza (LECTURER ID : 0731127601)
Subject
372 Pendidikan dasar 
Datestamp
2021-10-26 21:47:41 
Abstract :
Pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar dimana guru menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan pendekatan masyarakat belajar (learning community) merupakan suatu konsep terciptanya masyarakat belajar di sekolah, yakni proses belajar membelajarkan antara guru dengan guru, guru dengan siswa, siswa dengan siswa, masyarakat sekolah dengan masyarakat di luar sekolah, agar prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Konsep pembelajaran kontekstual dengan pendekatan masyarakat belajar pada mata pelajaran Fikih di MI Falahiyah Kandangan. (2) pelaksanaan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan masyarakat belajar (learning community) pada mata pelajaran Fikih di MI Falahiyah Kandangan. (3) hambatan-hambatan dan pendukung efektifitas pembelajaran kontekstual dengan pendekatan masyarakat belajar (learning community) pada mata pelajaran Fikih di MI Falahiyah Kandangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) MI Falahiyah Kandangan dalam proses belajar mengajar telah lama menggunakan konsep pembelajaran di dalam kelas dengan teknik learning community, kegiatan pembelajaran dilakukan dalam kelompok-kelompok belajar: siswa yang pandai mengajari yang lemah dan yang tahu memberi tahu yang belum tahu. (2) Pelaksanaan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan masyarakat belajar (learning community) pada mata pelajaran Fikih di MI Falahiyah Kandangan dapat dilihat dari tiga bagian, yaitu perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran dan sistem evaluasi pembelajaran. (3) Hamabatan proses pelaksanaan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan masyarakat belajar (learning community) pada mata pelajaran Fikih di MI Falahiyah Kandangan, yaitu: a) Peserta didik yang kelupaan membawa buku atau tidak mempunyai buku paket karena keterbatasan ekonomi, b) Suasana kelas yang ramai sebelum pembelajaran dimulai, c) Kurangnya ketrampilan pendidik dalam melaksanakan metode pembelajaran, d) Terbatasnya media di sekolah , e) Kemampuan dasar peserta didik dalam baca, tulis al Qur?an masih kurang. Pendukungnya : a) tersedianya Media di Madrasah, b) tersedianya waktu, c) minat dan respon peserta didik, d) kemampuan pendidik, e) kedisiplinan pendidik sebagai sumber belajar yang utama 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri