DETAIL DOCUMENT
STUDI KORELASI KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X MA ISLAMIYAH BALEN BOJONERGORO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
LUJENG LUTVIATU ROHMAH (STUDENT ID : 201855010104607)
FAHMI KHUMAINI (LECTURER ID : 2104099007)
Subject
153 Proses mental dan kecerdasan 
Datestamp
2022-09-30 08:34:45 
Abstract :
Selama ini banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi belajar yang tinggi diperlukan Kecerdasan Intelektual (IQ) yang juga tinggi. Namun, menurut hasil penelitian terbaru dibidang psikologi membuktikan bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang, tetapi ada banyak faktor lain yang mempengaruhi salah satunya adalah kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peranan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pada MA Islamiyah Balen Bojonegoro. Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Sedangkan prestasi belajar adalah hasil belajar dari suatu aktivitas belajar yang dilakukan berdasarkan pengukuran dan penilaian terhadap hasil kegiatan belajar dalam bidang akademik yang diwujudkan berupa angka-angka dalam rapor. Bila siswa memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, maka akan meningkatkan prestasi belajar. Hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada Kelas X MA Islamiyah Balen Bojonegoro dan Hipotesis nihil (Ho) adalah tidak ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada siswa Kelas X MA Islamiyah Balen Bojonegoro. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MA Islamiyah Balen Bojonegoro yang seluruhnya berjumlah 157 Siswa. Sampel penelitian adalah 46 siswa, menggunakan metode proporsional random sampling. Dalam pengumpulan data digunalan metode skala untuk kecerdasan emosional berdasarkan teori Daniel Goleman yang terdiri dari mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain, dan untuk mengukur prestasi belajar siswa digunakan metode pemeriksaan dokumen dengan melihat nilai hasil PAT.Dari hasil tabulasi data, maka didapatkan nilai ?r? yakni 0,347 kemudian dapat diinterpretasikan dengan tabel nilai ?r? product moment dalam tabel. Nilai ?r? dalam tabel dengan taraf signifikansi 1 % sebesar 0,376 sedangkan dengan taraf signifikansi 5 % sebesar 0,291 dengan N=46, Maka hal ini dapat dikatakan bahwa nilai ?r? yang diperoleh dari hasil penelitian lebih besar dari pada nilai ?r? dalam tabel baik taraf signifikansi 1% . Dengan demikian hal ini menunjukkan terdapat korelasi antara Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa MA Islamiyah Balen Bojonegoro. Maka dapat dipastikan bahwa Hipotesa Kerja (Ha) yang berbunyi ada pengaruhnya antara Kecerdasan Emosional terhadap prestasi Belajar Siswa kelas X MA Islamiyah Balen Bojonegoro dapat diterima, sedangkan Hipotesa Nihil (Ho) yang berbunyi tidak ada pengaruh antara Kecerdasan Emosional terhadap prestasi Belajar Siswa Siswa kelas X MA Islamiyah Balen Bojonegoro ditolak. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri