Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
FILAYATI NUR AMANAH (STUDENT ID : 201855010104597)
JAUHARUL MA’ARIF (LECTURER ID : 2128097201)
ULFA ULFA (LECTURER ID : 2121067401)
Subject
207 Misi dan pendidikan agama
Datestamp
2022-10-03 01:13:56
Abstract :
Penelitian ini membahas tentang Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Pelajaran Fikih Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Roudloh Semambung, Kanor, Bojonegoro. Era saat ini, di seluruh dunia pendidikan telah digemparkan oleh turunnya semangat belajar, tidak ketinggalan juga di lingkungan daerah saya.. Yakni bagian dari siswa beranggapan belajar itu sangat membosankan hingga akhirnya berdampak bagi siswa seperti halnya siswa tidak konsentrasi ketika pelajaran, siswa sering menggambar dibuku (coret-coret buku), siswa tidur, siswa bolos, serta siswa mencari kesibukan sendiri ketika proses belajar sedang berjalan. Hal ini dapat mengganggu sistem pembelajaran, hingga mengakibatkan turunnya hasil belajar siswa, sehingga dapat menghancurkan masa depan siswa serta cita? cita siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui Menjelaskan penerapan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Roudloh Semambung, Kanor, Bojonegoro. (2) Menjelaskan hasil belajar mata pelajaran Fikih siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Roudloh Semambung, Kanor, Bojonegoro. (3) Menjelaskan efektifitas model pembelajaran Group Investigation pada hasil belajar mata pelajaran Fikih siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Roudloh Semambung, Kanor, Bojonegoro.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Efektifitas Model Pembelajaran Group Investigation Variabel (X), sedangkan variabel terikatnya adalah Efektifitas Model Pembelajaran Group Investigation Variabel (X), Terhadap Hasil Belajar Variabel (Y) Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan hasil nilai UH siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif yang ditabelkan secara sistematis dengan menggunakan rumus teknik analisis data korelasi product moment.Hasil perhitungan koefisien korelasi antara variabel model pembelajaran Group Investigation (X) dengan variabel hasil belajar mata pelajaran Fikih (Y) diperoleh nilai r hitung sebesar = 0,347. Demikian jika dibandingkan nilai r hitung dengan nilai tabel, dengan mengambil taraf signifikansi 5%, maka terdapat hasil nilai r hitung > r tabel = (0,347 > 0,291). Nilai koefisien korelasi ini jika diinterpretasikan pada interpretasi koefisien korelasi nilai r diatas, maka nilai korelasi tersebut dapat dikategorikan ?Rendah? tingkat pengaruhnya. Berdasarkan hasil teknik analisis data di atas maka dapat dinyatakan bahwa ada korelasi efektivitas model pembelajaran Group Investigation pada hasil belajar mata pelajaran Fikih siswa di MTs Roudloh Semambung, Kanor, Bojonegoro.