Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
KAMILATUL ULYA (STUDENT ID : 20185501260219)
M. Romadlon Habibullah (LECTURER ID : 2109058801)
Suttrisno Suttrisno (LECTURER ID : 0717069401)
Subject
372 Pendidikan dasar
Datestamp
2022-10-01 01:31:44
Abstract :
Perkembangan dalam dunia pendidikan harus disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Dalam kehidupan sehari-hari tidak terlepas dengan pembelajaran matematika baik dalam pendidikan formal maupun nonformal karena kemampuan berhitung tidak terlepas dalam kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu mempelajari matematika sangat penting untuk peserta didik dalam mengaplikasikan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari, sehingga perlu adanya kemampuan numerasi dalam memahami konsep matematika dengan benar. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan perkembangan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik khususnya pada anak kelas II Sekolah Dasar di MI Al-Hidayah Pacul. Penelitian ini memiliki tujuan, diantaranya (1) Mengetahui pengembangan media pembelajaran Math Garden dalam meningkatkan kemampuan numerasi pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian siswa kelas II Sekolah Dasar. (2) Mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran Math Garden terhadap hasil belajar siswa dalam meningkatkan kemampuan numerasi pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian siswa kelas II Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang merupakan salah satu model desain pembelajaran sistematik (berurutan). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, kuisioner / angket, tes kelas dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validitas dari beberapa tim ahli untuk mengetahui layak tidaknya media pembelajaran yang dikembangkan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut : (1) Pengembangan media pembelajaran Math Garden menggunakan bahan dasar akrilik, kain flanel, gelas plastik, kertas lipat berwarna cokelat, styrofoam, stiker, dan kertas buffalo. Media ini berbentuk 3 dimensi yag memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi serta bisa di amati dari segala arah. (2) Kelayakan media pembelajaran Math Garden setelah di validasi oleh validator dari 3 tim ahli yaitu ahli media sebesar 84 %, ahli materi sebesar 86 % dan ahli pembelajaran sebesar 92 % yang berarti ?sangat layak? untuk dikembangkan.