Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
SITI ROHMATUL KHOIR (STUDENT ID : 201855010104630)
Zaini Miftah (LECTURER ID : 2101067901)
Ahmad Shofiyyudin (LECTURER ID : 2115058905)
Subject
207 Misi dan pendidikan agama
Datestamp
2022-10-06 08:33:39
Abstract :
Kedudukan akhlak dalam kehidupan manusia menempati tempat yang sangat penting, sebab jatuh bangunnya suatu individu atau kelompok tergantung pada bagaimana akhlak manusia tersebut.Kualitas ilmu dalam keunggulannyatanpa disertai dengan akhlak mulia akan menjadi sia-sia dan membawa kehancuran. Kemerosotan perilaku akhlak disebabkan oleh kurangnya pendidikan yang diberikan orang tua sejak kecil.Ideal pendidikan akhlak diberikan usia sejak dini dengan bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai akhlak. Pembentukan akhlak untuk anak sudah sejatinya sudah menjadi perhatian para ulama atau ilmuan islam. Perhatian ulama terhadap pendidikan yakni tampak pada kitab Al-Akhlak Al-Banat karya syaikh Umar bin Ahmad Baradja, yang menjadi rumusan masalah penelititian ini yaitu ? Bagaimana nilai nilai pendidikan akhlak dam kitab Al-akhlak Al-banat dan bagaimana relevansi nilai nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al-akhlak Al-banat sebagai sumber pembelajaran. Dari penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif. Data diperoleh melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Informasi dalam penelitian ini adalah pengasuh, pengurus, ustadzah dan santri pondok pesantren abu dzarrin putri. Dalam teknik analisis data yang dilakukan adalah memeriksa kelengkapan data,memeriksa kualitas data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekankeabsahan data menggunakan kreadibility,trianggulasi, dan memperpanjang pengamatan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah : (1) nilai nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al-Akhlak Al-Banat: akhlak kepada Allah, kepada manusia, kepada alam semesta. (2) relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al-Akhlak Al-Banat sebagai sumber pembelajaran di pondok pesantren abu dzarrin dander bojonego.