Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
FARIDA BANI SOFYAN (STUDENT ID : 20185501260216)
MUHAMMAD ROMADLON HABIBULLAH (LECTURER ID : 2109058801)
SUTTRISNO SUTTRISNO (LECTURER ID : 0717069401)
Subject
607 Pendidikan, riset, topik terkait
Datestamp
2022-11-09 19:53:09
Abstract :
Masih banyak siswa yang belum memahami penggunaan media sosial yang berdampak rendahnya perilaku belajar siswa di sekolah. Masih ada sejumlah siswa dari kelas IV hingga kelas VI di MI Islamiyah Mayanggeneng Kalitidu Bojonegoro lebih cenderung waktunya dihabiskan dengan menonton video lucu-lucuan di aplikasi TikTok. Disamping itu, beberapa wali murid terkadang mengeluhkan keseringan anak mereka bermain HP hingga lupa waktu untuk belajar. Memang faktor dalam diri siswa tidak sepenuhnya membantu mereka mencapai tujuan belajarnya, tetapi harus dibarengi dengan peran guru dan orang tua dalam mengawasi dan melindungi siswa dari pengaruh luar. pembelajaran anak-anak. Dalam hal ini, penggunaan jejaring sosial TikTok. Penelitian ini bertujuan, antara lain 1) Untuk mendeskripsikan tingkat penggunaan sosial media TikTok oleh siswa MI Islamiyah Mayanggeneng Kalitidu Bojonegoro, 2) Untuk mendeskripsikan kedisiplinan belajar siswa MI Islamiyah Mayanggeneng Kalitidu Bojonegoro, dan 3) Untuk mengetahui pengaruh sosial media TikTok terhadap kedisiplinan belajar siswa MI Islamiyah Mayanggeneng Kalitidu Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan secara kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Sampel penelitian, yaitu 53 siswa yang tersebar dalam 4 kelas, yakni kelas III, IV, V, dan VI MI Islamiyah Mayanggeneng Kalitidu Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan media sosial TikTok siswa MI Islamiyah Mayanggeneng Kalitidu Bojonegoro termasuk tinggi, 2) Kedisiplinan belajar siswa MI Islamiyah Mayanggeneng Kalitidu Bojonegoro termasuk rendah, dan 3) Sosial media TikTok berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa MI Islamiyah Mayanggeneng Kalitidu Bojonegoro.