DETAIL DOCUMENT
ANALISIS HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) MELALUI METODE READING GUIDE PADA SISWA KELAS VIII MTS T AUHIDIYAH 1 BUBULAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
NOVIA AINUROHMA (STUDENT ID : 201855010104570)
Ari Abi Aufa (LECTURER ID : 2107057802)
Hamidatun Nihayah (LECTURER ID : 2124028403)
Subject
153.1533 Interest and Enthusiasm/Minat dan Antusiasme Belajar 
Datestamp
2022-10-13 08:03:33 
Abstract :
Hasil belajar merupakan hasil maksimum yang dicapai siswa setelah melaksanakan proses pembelajaran. permasalahan yang sering dijumpai dalam pembelajaran adalahn rendahnya minat baca siswa. Hal ini berkaitan dengan hasil akhir proses belajar mengajar. Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) banyak memuat tentang bacaan, deskripsi sejarah yang menuntut siswa untuk membaca, menelaah dan memahami suatu bacaan. Maka guru menerapkan metode reading guide yaitu metode pembelajaran dengan menggunakan bahan bacaan, setelah membaca siswa diberikan pertanyaan oleh guru, sehingga dapat dilihat sejauh mana siswa memahami materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan menggunakan metode deskriptif kuantitatif (descriptive research) dengan jumlah sampel 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data meliputi uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui baik tidaknya instrumen penelitian yang digunakan, uji normalitas dan linieritas, uji hipotesis untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan pada sampel. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) penerapan metode reading guide bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa dan membantu siswa lebih fokus belajar serta mudah memahami pelajaran, (2) metode reading guide memiliki pengaruh yang kuat dengan hasil belajar siswa. Hasil pengujian korelasi diperoleh rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,622 > 0,361 dengan nilai sig (2tailed) yaitu 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, sebagai konsekuensinya hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. dan (3) faktor pendukung dari penerapan metode reading guide adalah keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu waktu pembelajaran yang singkat, minat baca dari sebagian siswa masih kurang dan buku referensi yang terbatas. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri