Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
ALIF NUR KHOIRUR RISALATIN (STUDENT ID : 201855010104455)
Hamam Burhanuddin (LECTURER ID : 2109028601)
Zumrotul Fauziah (LECTURER ID : 2112119203)
Subject
200 Agama
Datestamp
2022-10-14 01:23:15
Abstract :
Akidah Akhlak sebagai bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang mempelajari tentang ajaran-ajaran dalam Islam dalam kaitannya dengan Akidah dan akhlak. Penerapan pembelajaran Akidah Akhlak dalam kehidupan sehari-hari erat kaitannya dengan kepatuhan siswa terhadap peraturan yang berlaku disekolah. Setelah siswa mempelajari Akidah Akhlak, siswa dapat mempunyai akhlak mulia yang kemudian dipraktikkan dalam kehidupan sehari-sehari, yang tidak hanya untuk sesama manusia tetapi juga untuk lingkungan, terutama lingkungan sekolah tempat mereka belajar.
Penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 134 yaitu semua siswa MTs Sunan Bonang Parengan Tuban dan sampel sebanyak 97 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yakni menggunakan product moment.
Rata-rata prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak 87 terletak pada interval 84,5 ? 89,5 termasuk dalam kategori ?cukup?. Rata-rata untuk kepatuhan siswa terhadap peraturan di sekolah adalah 34. Tingkat kepatuhan siswa terhadap peraturan di MTs Sunan Bonang Parengan Tuban termasuk dalam kategori ?cukup? yang terletak pada interval 33 ? 35,5. Prestasi belajar tidak berhubungan dengan kepatuhan siswa. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai rhitung = 0,128 dan nilai rtabel 0,202. Maka nilai rhitung < rtabel sehingga Ha ditolak dan Ho diterima. Dengan demikian, tidak terdapat korelasi antara prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Sunan Bonang Parengan Tuban dengan tingkat kepatuhannya terhadap peraturan yang berlaku di sekolah.