Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
NADIA IFTITAKHUL FITRI (STUDENT ID : 3320180121)
Vesti Dwi Cahyaningrum (LECTURER ID : 0715049401)
Yunita Dwi Setyoningsih (LECTURER ID : 0710068404)
Subject
371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Datestamp
2022-10-14 01:25:27
Abstract :
Penelitian ini didasari oleh tingkat prokrastinasi akademik siswa di Bojonegoro masih dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 129.7, salah satunya adalah tingkat prokrastinasi akademik siswa di MTs Al-rosyid terdapat banyak sekali perilaku negatif siswa dengan menunda tugas atau pekerjaan sekolah yang sudah diberikan guru mata pelajaran dan siswa lebih memilih menunda pekerjaan dengan terus bermain ponsel hingga lupa bahwa dirinya memiliki tugas. Dengan adanya permasalahan disekolah tersebut maka peneliti mempunyai tujuan untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa dengan menerapkan teknik self management. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain true eksperimen. Adapun penelitian berjumlah 26 siswa yang terbagi menjadi 2 kelompok, 13 siswa kelompok eksperimen dan 13 siswa kelompok control dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok. 13 siswa kelompok eksperimen diberikan treatmen selama 6 pertemuan sesuai dengan buku panduan teknik self management untuk mengurangi prokrastinasi akademik. Berdasarkan hasil post-test dari 26 siswa terdapat perbedaan yang signifikan antara 2 kelompok, dengan rata-rata kelompok eksperimen 74,0% dan hasil rata-rata kelompok kontrol 85,7%. Dari hasil post-test dapat ditarik kesimpulan bahwa panduan teknik self management efektif untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa.