Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
SITI KHOLIFAH (STUDENT ID : 3320180130)
RISKI PUTRA AYU DISTIRA (LECTURER ID : 0702019301)
YUNITA DWI SETYONINGSIH (LECTURER ID : 0710068404)
Subject
158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
Datestamp
2022-12-07 06:43:38
Abstract :
Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan jenjang pendidikan menengah yang mulai merencanakan karir kedepanya, pada usia ini biasanya siswa sudah menghadapi beberapa problem yang beragam, karena pada masa ini siswa SMP masih belum memiliki pendirian yang kuat. Seperti yang disampaikan oleh guru BK yang ada di SMP Negeri Kenduruan I yang merasa kebingungan untuk menentukan perencaan karir dengan baik, mereka belum memiliki informasi yang banyak tentang karir, baik itu sekolahan lanjutan, peminatan pendidikan dan juga pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran dan berfokus pada pola asuh permisif orang tua dan self regulation yang memperngaruhi perencanaan karir.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh permisif orang tua memiliki pengaruh yang signifikan yang rendah signifikasinya berjumlah 322, dan untuk variabel self regulation menunjukan memiliki nilai signifikasi yang tinggi sebesar 446.
Sedangkan untuk Hasil dari uji analisis regresi berganda diketahui koefisien corelation sebesar 0.567 berarti pola asuh permisif orangtua dan self regulation dengan perencanaan karir adalah berhubungan.Tingkat kekuatan hubungan dilihat dari R square berjumlah 0.334 artinya pola asuh permisif orangtua dan self regulation bersamaan memberikan pengaruh terhadap perencanaan karir sebesar 33,4% (sedang).