DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN SKI DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH SYI'AR ISLAM MAIBIT RENGEL TUBAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
HIDAYATUR ROFIANA (STUDENT ID : 201855010104418)
ZUMROTUL FAUZIAH (LECTURER ID : 2112119203)
AHMAD SHOFIYUDDIN (LECTURER ID : 2115058905)
Subject
370 Pendidikan 
Datestamp
2022-10-24 05:34:12 
Abstract :
Media pembelajaran interaktif merupakan alat bantu yang mengaitkanteks, gambar, foto, audio dan video yang bisa digunakan dalam menyampaikan materi ketika mengajar sehingga siswa bisa merespon media tersebut secara langsung. Salah satu madrasah yang memanfaatkan media pembelajaran interaktif adalah Madrasah Tsanawiyah Syi?ar Islam. Media pembelajaran interaktif yang digunakan adalah aplikasi Canva. Aplikasi Canva adalah sebuah aplikasi yang bisa diakses menggunakan smartphone atau komputer. Aplikasi Canva merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat poster, komik, brosur, PPT dan video pembelajaran. Guru SKI Madrasah Tsanawiyah syi?ar Islam Maibit telah memanfaatkan media tersebut dari mulai pembelajaran daring hingga luring. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Penerapan, faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Canva pada mata pelajaran SKI di kelas VIII MadrasahTsanawiyah Syi?ar Islam Maibit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun instrumen penelitian yang adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian sumber data pada penelitian ini adalah kepala madrasah, guru SKI kelas VIII, serta siswa siswi. Analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut:Pertama, Implementasi media pembelajaran interaktif berbasis Canva di Madrasah Tsanawiyah Syi?ar Islam berupa video pembelajaran, teks bergambar, dan brosur materi yang telah dibuat menggunakan aplikasi Canva. Kedua, terdapat faktor pendukung berupa sarana prasarana yang memadai sehingga siswa bisa mengakses materi dengan mudah, aplikasi Canva bisa diakses di smartphone sehingga memudahkan guru SKI untuk mengedit, dan semangat siswa untuk belajar semakin bertambah dengan adanya media pembelajaran berbasis Canva. Ketiga, terdapat faktor penghambat media pembelajaran yang dibuat menggunakan aplikasi Canva berupa video pembelajaran, brosur materi, dan teks bergambar meliputi jaringan internet yang harus stabil untuk mengedit media pembelajaran, siswa yang masih belum maksimal ketika melakukan presentasi saat pembelajaran dengan menggunakan media tersebut, dan siswa kurang merespon saat ada sesi tanya jawab mengenai materi yang dibuat dengan menggunakan aplikasi Canva. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri