DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLECTIVE DAN IMPULSIVE SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
ARIYUL MUFIDA (STUDENT ID : 3420180025)
Anisa Fitri (LECTURER ID : 0719049202)
Ismanto (LECTURER ID : 0709108004)
Subject
373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan 
Datestamp
2022-10-18 01:29:46 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya kognitif reflective dan impulsive dalam menyelesaikan masalah matematika pada meteri segiempat dan segitiga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas VII G MTs N 1 Bojonegoro. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes Gaya Kognitif MFFT (Matching Familiar Figures Test), Tes uraian (essay) berpikir kritis matematika, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan meningkatkan ketekunan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi, dan analisis kasus negatif. Hasil penelitian ini adalah subjek dengan gaya kognitif reflective mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis FRISCO (Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, and Overview) dalam menyelesaikan masalah matematika. Sedangkan salah satu subjek dengan gaya kognitif impulsive dalam meyelesaikan masalah matematika tidak memenuhi semua indikator berpikir kritis dan satu subjek impulsive yang lain hanya dapat memenuhi indikator Focus. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri