Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
SONI WIYANTO (STUDENT ID : 3320180138)
VESTI DWI CAHYANINGRUM (LECTURER ID : 0715049401)
YANUARI SRIANTURI (LECTURER ID : 0717019401)
Subject
370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Datestamp
2022-10-20 02:35:55
Abstract :
Interaksi sosial merupakan hal penting dalam kehidupan bersama di dalam masyarakat. Bertemunya seseorang dengan orang lain atau kelompok lainnya, kemudian mereka saling berbicara, bekerja sama, dan seterusnya untuk mencapai tujuan bersama. Kegiatan itu dapat dikatakan sebagai proses interaksi sosial yang menjadi dasar proses sosial. Siswa yang tidak memiliki keterampilan interaksi sosial akan berdampak seperti: siswa ragu dan kurang responsif terhadap situasi yang dihadapi, siswa mengalami hambatan dalam hubungan serta tidak mampu melakukan interaksi sesama teman dengan baik. Upaya untuk mengatasi keterampilan interaksi sosial siswa adalah menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Layanan tersebut efektif untuk meningkatkan keterampilan interaksi sosial siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan interaksi sosial siswa dengan menggunakan teknik sosiodrama.
Penelitian ini menggunakan metode eksperiment dengan desain Postest Only Control Desain. Sampel penelitian 25 siswa yang diambil dengan menggunakan simple random sampling dan dijadikan dua kelompok eksperimen sebanyak 12 siswa dan kelompok control sebanyak 13 siswa. Hasil post-test kepada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen berisi 31 butir soal yang valid. Menunjukan selisih rata-rata hasil yang signifikan yaitu 8.81% pada kelompok eksperimen ratarata hasil posttest 68,48% sedangkan pada kelompok kontrol sebanyak 59,67% . Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pelatihan teknik sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan interaksi sosial siswa di MA Al-Falah Bangilan. Dengan demikian penelitian ini menyarankan agar bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat digunakan untuk membantu meningkatkan keterampilan interaksi sosial siswa.