Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
AHMAD SIROJUDDIN (STUDENT ID : 3420180022)
NANING KURNIAWATI (LECTURER ID : 0718098503)
ISMANTO ISMANTO (LECTURER ID : 0709108004)
Subject
510 Matematika
Datestamp
2022-10-22 05:37:53
Abstract :
Kemampuan pemecahan masalah sangatlah diperlukan oeh peserta didik, namun fakta dilapangan mengatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik sangatlah rendah. Hal ini disebabkan oleh kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran yang kurang tepat, sehingga perlu dilakukan perbaikan. Salah satu upaya dalam memperbaiki kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui pendekatan pembelajaran yang memusatkan kegiatana belajar mengajar pada peserta didik. Pendekatan pembelajaran tersebut yaitu pendekatan Realistic Mathematic Education. Pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara matri yang diajarkan dengan situasi dunia nyata peserta didikdan mendorong peserta didikmembuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan mereka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) pada materi aritmatika sosial. Penelitian dilaksankaan di SMP Negeri1 Sukosewu , dengan pemilihan kelas VII C sebagai kelas yang diteliti dengan jumlah peserta didik sebanyak 31 peserta didik. Metode yang digunakan yaitu mix methode. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, teknik tes dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis secara kualitatif dengan triangulasi data dan secara kuantitatif yang meliputi uji normalitas, model summary, coefficients dan gain score dengan menggunakan program aplikasi statistik SPSS versi 26 dengan taraf signifikan sebesar 5 %. Hasil perhitungan uji coefficients diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui model pembelajaran Realistic Mathematic Education dan hasil perhitungan gain score diperoleh nilai sebesar 0,7066. Berdasarkan hasil wawancara dengan peserta didik memperoleh hasil bahwa Realistic Mathematic Education memberikan respon positif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) peningkatanya adalah ? Tinggi?.