Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
Nurul Mutoli’ah (STUDENT ID : 20175501260193)
M. Romadhon Habibullah (LECTURER ID : 2109058801)
Subject
372 Pendidikan dasar
Datestamp
2021-11-07 19:18:07
Abstract :
Kartu kuartet merupakan salah satu permainan anak-anak yang terdiri dari beberapa kartu bergambar yang dilengkapi dengan keterangan berupa tulisan yang menerangkan gambar tersebut. Melalui permainan kartu kuartet siswa dapat bermain sambil belajar bersama dengan teman-temannya. Kartu kuartet ini dapat dibuat dengan tema-tema yang berkaitan dengan matematika. Penulis membuat kartu kuartet dengan tema yang berkaitan dengan bangun ruang, karena dalam materi bangun ruang terdapat banyak rumus dan sifat-sifat yang sulit dipahami dan dihafalkan oleh siswa. Dengan menggunakan kartu kuartet tersebut dapat membantu siswa dalam memahami sifat dan menghafal rumus-rumus yang terdapat pada bangun ruang.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya perbandingan penggunaan permainan kartu kuartet dan metode ceramah terhadap hasil belajar matematika materi geometri bangun ruang siswa kelas V MI Nurul Ulum Sukorejo Bojonegoro.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain kuasi eksperimen dan tipe Nonequivalent Control Group, sehingga terdapat dua kelompok yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian dilaksanakan di MI Nurul Ulum Sukorejo Bojonegoro. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Nurul Ulum Sukorejo Bojonegoro sejumlah 63 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA dan VB. Kelas VA sebagai kelompok kontrol mendapat perlakuan pembelajaran menggunakan metode ceramah dan kelas VB sebagai kelompok eksperimen mendapat perlakuan pembelajaran menggunakan permainan kartu kuartet. Penelitian ini menggunakan analisis data statistik inferensial. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas, uji-t, serta N-Gain.
Hasi penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan penggunaan permainan kartu kuartet dan metode ceramah terhadap hasil belajar matematika materi geometri bangun ruang siswa kelas V MI Nurul Ulum Sukorejo Bojonegoro. Hal tersebut dibuktikan dengan uji-t hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh ? > yaitu 2,364 > 2,041. Uji N-Gain diperoleh hasil untuk N-Gain kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol yaitu 0,47 > 0,35. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat dimaknai bahwa kelompok eksperimen memiliki perubahan hasil belajar matematika yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol.