Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
WULANDARI WULANDARI (STUDENT ID : 20185501480237)
AHMAD FARID UTSMAN (LECTURER ID : 2113049001)
ROUDLOTUN NI’MAH (LECTURER ID : 2125068202)
Subject
371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran
Datestamp
2022-10-19 08:30:24
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya kasus lembaga PAUD yang hanya memberikan layanan kepada anak usia dini dalam jangka waktu yang terbatas. Sehingga pada tahun 2013 pemerintah mencenangkan kebijakan pengembangan PAUD melalui pendekatan Holistik Integratif yang mencakup kesehatan gizi, pengasuhan, perawatan dan perlindungan. Untuk mendukung peningkatan akses serta mutu layanan PAUD HI masyarakat mempunyai andil yang sangat penting.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah masyarakat, tenaga kesehatan desa dan tenaga pendidik. Metode pengumpulan data dengan menggunakana observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya keterlibatan peran masyarakat mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan pembinaan. Pada tahap perencanaan masyarakat menyumbangkan ide atau gagasan berupa penguatan posyandu dan PMT, pada tahap pelaksanaan masyakarakat menyekolahkan anaknya sejak dini, mengikuti BKB, parenting dan posyandu, sedangkan pada tahap pembinaan masyarakat dapat melaporkan masalah tumbuh kembang anak kepada pihak sekolah dan pihak sekolah dengan bantuan puskesmas mencari solusi terbaik, dengan begitu anak akan mudah mendapatkan penanganan dari pihak yeng tepat.