Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
TAUFIK NUR FAUZAN (STUDENT ID : 201855010104633)
FAHRU ROZI (LECTURER ID : 2125048401)
FAHMI KHUMAINI (LECTURER ID : 2104099007)
Subject
200 Agama
Datestamp
2022-10-22 05:43:48
Abstract :
Dalam proses belajar siswa tidak cukup hanya di waktu sekolah saja kalau menghandalkan pembelajaran di sekolah saja akan kurang maksimal dalam hasil belajar siswa, namun juga di waktu malam maupun sore yang mana berisi kegiatan Tahfidz, Malam pintar, kajian Ta?lim Muta?lim setiap sore untuk menunjang hasil belajar siswa. Salah satu dengan adanya Manajemen Boarding School salah satu bentuk untuk mengatur keilmuan baik agama maupun umum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan kehadiran peneliti, triangulasi, diskusi teman sejawat, dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu kepala sekolah dan dewan guru di SMP Unggulan Al Falah Pacul Kota Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan program pendidikan islamic Boarding School dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMP Unggulan Al Falah dilakukan dengan beberapa langkah yaitu menentukan tujuan, visi dan misi untuk memudahkan dalam melaksanakan program nantinya. Yang kedua perencanaan kurikulum program pendidikan yang akan dijalankan ketika pelaksanaan nanti, sarana dan prasarana sebagai penunjang kegiatan program pendidikan, serta pembiayaan program untuk mensukseskan pendanaan yang dibutuhkan saat pelaksanaan nantinya (2) Pelaksanaan program pendidikan Boarding School dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Unggulan Al Falah dilakukan dengan beberapa cara, yang pertama Arabic morning dan English morning kegiatan pembelajaran di sekolah. Yang kedua tahfidz dengan metode Yahqi untuk pencapaian hasil hafalan yang sudah ditetapkan dalam program Tahfidz Al Qur?an, melakukan pembiasaan kegiatan pondok dan beradab, melakukan kegiatan ekstrakurikuler, mengaji kitab Ta?lim Muta?lim guna ada mencari ilmu dan tata cara menuntut ilmu sesuai isi kitab ta?lim, mengaji kitab Taqrib berisi tentang kajian Fikih guna di implementasikan ibadah setiap hari (3) Hasil belajar dalam penerapan manajemen Boarding School di SMP Unggulan Al Falah Pacul Bojonegoro hasil pembelajaran meliputi kecakapan, informasi, pengertian, dan sikap. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah perubahan perilaku secara keseluruhan bukan hanya salahsatu aspek potensi kemanusiaan saja. Artinya hasil pembelajaran harus secara komperhensif