Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
Mubasyiroh Mubasyiroh (STUDENT ID : 20155501270027)
Eshthih Fithriyana (LECTURER ID : 2109059102)
Subject
372 Pendidikan dasar
Datestamp
2021-11-07 19:32:52
Abstract :
Media batu bewarna bisa dijadikan salah satu alternatif untuk menunjang aspek perkembangan kognitif anak. Pada penelitian kali ini peneliti fokus pada media batu bewarna untuk menstimulus perkembangan kognitif anak yaitu pengenalan warna,ukuran, dan bentuk benda. Dikarenakan tenaga pendidik KB An Nur Kanor masih belum cukup mampu memanfaatkan bahan-bahan alam yang ada disekitar lingkungan, itu dibuktikan dengan sering kali mereka menggunakan lembar kerja dibanding pemanfaatan bahan yang tersedia dilingkungan, sehingga pembelajaran dikelas terkesan monoton bagi anak usia dini.
Menurut peneliti media batu bewarna bisa membantu mengatasi rendahnya perkembangan kognitif pada anak usia dini 3-4 tahun di KB An Nur Kanor, Bojonegoro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain media batu bewarna terhadap perkembangan kognitif pada anak usia3-4 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Pre- eksperimental dengan desain One Grup Pretest-Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di KB AN Nur Kanor Bojonegoro. Waktu dalam penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 18 - 19 Februari 2019. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 18 anak yang ada pada KB An Nur Kanor Bojonegoro. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis tabel, sign wicoxon, dan analisis uji non parametrik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh batu bewarna terhadap perkembangan kognitif anak 3-4 tahun sebelum diberi aktivitas bermain media batu bewarna dan sesudah diberi aktivitas bermain media batu bewarna.