DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KOIN PRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI PERMINTAAN MAAF BAHASA INDONESIA KELAS I DI MI GAYA BARU SIDOREJO KEDUNGADEM
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
REZA UMAROH (STUDENT ID : 20185501260228)
Firda Zakiyatur Rofi’ah (LECTURER ID : 2106089303)
Dewi Niswatul Fithriyah (LECTURER ID : 202202318)
Subject
370 Pendidikan 
Datestamp
2022-10-20 05:23:08 
Abstract :
Pada Madrasah Ibtidaiyah, semua materi sebisa mungkin harus dikuasai, seperti halnya mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dimana siswa harus bisa memahami dan mengaplikasikan, seperti berkomunikasi, berbahasa, dan ucapan berbicara. Rendahnya prestasi belajar dan kurangnya respon dari siswa membuat guru harus menerapkan metode belajar baru, agar prestasi dan respon pada siswa meningkat. Oleh karena itu, guru perlu melakukan koin prestasi kepada siswa di sekolah untuk mengetahui kemampuan berkomunikasi siswa yang akan mempengaruhi belajarnya. Bahasa Indonesia berperan penting dalam kehidupan disegala aspek kehidupan. Baik dalam bidang pendidikan, sosial maupun kemasyarakatan. Bahasa merupakan sarana komunikasi dalam kehidupan sosial. Penelitian ini bertujuan, antara lain untuk mengetahui penerapan koin prestasi kelas I di MI Gaya Baru Sidorejo Kedungadem, untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada materi permintaan maaf Bahasa Indonesia I di MI Gaya Baru Sidorejo Kedungadem, dan untuk mengetahui pengaruh koin prestasi terhadap prestasi belajar siswa materi permintaan maaf Bahasa Indonesia kelas I di MI Gaya Baru Sidorejo Kedungadem. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis komparasi dengan Independent sample t-test. Sampel penelitian adalah 19 siswa kelas I MI Gaya Baru Sidorejo Kedungadem sebagai kelompok eksperimen dan 19 siswa kelas I MI Gaya Baru Sidorejo Kedungadem sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji validitas terdapat 6 soal valid dengan nilai r hitung > r tabel dengan nilai 0,329. Selanjutnya dilanjutkan dengan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach?s Alpha dengan nilai batas sig > 0,6 dan hasil semuanya reliabel. Uji normalitas dengan rumus Shapiro Wilk dengan nilai sampel berdistribusi normal Asymp Sig > 0,05 dan data semuanya dikatakan normal. Di uji homogen yang diperoleh nilai alpha > 0,05 maka data dikatan homogen. Dan yang terakhir ada uji hipotesis, dengan uji t sig < 0,05 maka hipotesis tentang koin prestasi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Penerapan koin prestasi terhadap kelompok eksperimen sebesar 88% dengan kriteria sangat baik. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dan berdampak positif terhadap prestasi belajar siswa. Dan terdapat pengaruh prestasi belajar siswa, antara sebelum dan sesudah diterapkannya koin prestasi. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri