DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI THAHARAH PADA SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TEMAYANG BOJONEGORO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
Devi Eri Novianti (STUDENT ID : 201855010104412)
Ahmad Mansur (LECTURER ID : 2122037701)
Zumrotul Fauziah (LECTURER ID : 2112119203)
Subject
200 Agama 
Datestamp
2022-10-22 07:36:35 
Abstract :
Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar Pendidikan Agama Islam menekankan pada pengertian interaksi yaitu hubungan aktif dua arah (timbal balik) antara guru dan siswa. Hubungan aktif antara guru dan siswa harus diikuti oleh tujuan pendidikan agama Islam. Tujuan pendidikan agama Islam adalah untuk meningkatkan keimanan melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan penghayatan, pengalaman serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang dalam hal keimanan, ketaqwaannya berbangsa dan bernegara. Usaha guru dalam membantu peserta didik untuk mencapai tujuan adalah guru harus memilih bahan ajar atau materi Pendidikan agama yang sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru SMP Islam Temayang Bojonegoro. Dalam proses analisa data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi peneliti dan perpanjangan penelitian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: pertama, Implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran Pendidikan agama Islam materi Thaharah pada siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Islam Temayang Bojonegoro meliputi tiga langkah yaitu perencanaan, yang dilakukan adalah menyusun RPP, silabus, progam tahunan dan program semester. Langkah kedua pelaksanaan dari metode demonstrasi pada pembelajaran PAI materi Thaharah, dan langkah ketiga penilaian terhadap kegiatan praktik siswa. Kedua, faktor pendukung metode demonstrasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Thaharah pada siswa kelas VII di SMP Islam Temayang Bojonegoro meliputi, lingkungan sekolah dan sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat metode demonstrasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Thaharah pada siswa kelas VII di SMP Islam Temayang Bojonegoro meliputi, rendahnya minat siswa dan siswa susah diatur. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri