DETAIL DOCUMENT
KEEFEKTIFAN TEKNIK DIALOG SOCRATES DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED MOTIVATION PADA SISWA KELAS VIII MTS TANWIRIYAH BAURENO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
Lailatul Maulidiyah (STUDENT ID : 3320180103)
Zeti Novitasari (LECTURER ID : 0711118702)
M. Iqbal Tawakkal (LECTURER ID : 0707038802)
Subject
158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat 
Datestamp
2022-10-25 08:07:19 
Abstract :
Skripsi ini mengangkat judul tentang Keefektifan Teknik Dialog Socrates dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self Regulated Motivation Siswa Kelas VIII MTs Tanwiriyah Baureno. Self regulated motivation merupakan seluruh pemikiran, tindakan dan juga perilaku siswa agar berusaha mempengaruhi pilihan, usaha dan ketekunan tugas akademis siswa. Self regulated motivation meliputi tujuh aspek, yaitu : 1) Mastery self-talk 2) Extrinsic self-talk 3) Relative ability self-talk 4) Relevance enhacement 5) Situational interest enhacement 6) Self consequating 7) Environment structuring. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai Keefektifan Teknik Dialog Socrates dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self Regulated Motivation Siswa Kelas VIII MTs Tanwiriyah Baureno. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Informan dalam penelitian ini adalah wali kelas dan siswa. Objek penelitian ini adalah Keefektifan Teknik Dialog Socrates dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self Regulated Motivation Siswa Kelas VIII MTs Tanwiriyah Baureno. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran skala self regulated motivation. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 responden yang berasal dari kelas VIII MTs. Tanwiriyah Baureno. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik probability sampling. Untuk membuktikan dan menganalisis data hasil penelitian. Peneliti melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji Wilcoxon. Hasil pengujian menunjukkan normalitas menunjukkan hasil bahwa data yang diperoleh dalam pretest dan post test menunjukkan distribusi data yang tidak normal. Berdasarkan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa jika prob > taraf signifikansi yang telah ditetapkan yaitu ? = 0,05, maka H0 diterima dan H1 ditolak, jika prob < taraf signifikansi yang telah ditetapkan yaitu ? = 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil signifikansi p-value sebesar 0,005 < 0,05 maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pada self regulated motivation pada siswa sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik dialog Socrates. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri