Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
USWATUN KHASANAH (STUDENT ID : 201855010104448)
Usman Roin (LECTURER ID : 0728088204)
Subject
200 Agama
Datestamp
2022-10-24 03:19:37
Abstract :
Mengingat betapa pentingnya pembelajaran fiqh maka dalam penyampaian materinya membutuhkan metode agar peserta didik dapat berperan secara aktif dalam proses belajar. Khususnya yang berhubungan dengan aplikasi dalam perbuatan dari materi yang disampaikan, bila peserta didik tidak aktif atau tidak peduli dalam pencapaian tujuan pembelajaran maka proses tersebut tidak berjalan sesuai dengan pencapaian yang dituju. Melihat dari semua permasalahan yang dipaparkan di atas, maka dibutuhkan tindakan yang mampu mencari jalan keluarnya. Salah satu solusi adalah penggunaan model dan metode pembelajaran yang tepat, yaitu metode yang mampu membuat seluruh siswa terlibat dalam suasana pembelajaran. Metode mengajar merupakan salah satu cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran. Metode pembelajaran ini dijalankan bersama-sama antara teori dan praktik. Karena model pembelajaran ini adalah metode belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan ceria, sehingga suasana pembelajaran menjadi lebih bervariasi selain dengan metode ceramah atau yang lainnya. Dalam pembelajaran materi fiqih,dan dapat dinyatakan bahwa berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan bahwa model pembelajaran metode pembelajaran Quantum Learning berpengaruh secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya bisa disimpulkan. Hasil nilai rata-rata yang diperoleh pada instrumen preetest 60-65 sedangkan hasilnilai rata-rata postest diatas kkm yaitu 70-100. Dari hasil Ttest nilai Ttabel diketahui (df)n1 atau20-119 makadapat dikatakan Ttabel nilainya 2,093. Maka dapat diketahui Nilai Thitung Ttabel (7,386 2,093). Kesimpulannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima.