Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
HESTI PURNAMA SARI (STUDENT ID : 201655010104121)
Ahmad Manshur (LECTURER ID : 2122037701)
Chaffidz Affandi (LECTURER ID : 198709036)
Subject
207 Misi dan pendidikan agama
Datestamp
2022-10-24 06:44:04
Abstract :
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Model Cooperative Learning terhadap Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikn Agama Islam kelas VIII SMPN 1 Kedungadem. menentukan Model Pembelajaran yang terbaik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan, .Dalam Cooperatif Learning ( Pembelajaran Kooperatif), siswa dilatih untuk bisa bekerja sama dengan sesama temannya secara sinergis,intergal dan kombinatif. Selain itu, para siswa juga diajak menghindari sifat yang egois, individualis kompetisi yang tidak sehat seawal mungkin agar masing siswa tidak mementingkan kepentian diri sendiri dan kelompoknya. pembelajaran kooperatif mempunyai dampak yang positif yakni untuk meningkatkan prestasi belajar anak didik, mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis, serta mampu meningkatkan motivasi yang intrinsik Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Model Cooperative Learning (X), sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran pai (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Angket, dan Hasil Tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif yang ditabelkan secara sistematis dengan menggunakan Rumus Teknik Analisis Data Korelasi product moment. Hasil Analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa ada Pengaruh Metode Cooperative Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMPN 1 Kedungadem Desa Tumpang Kedungadem Bojonegoro.hal ini dapat dilihat dari taraf 5% ro > rt I(0,420 > 0,381). Nilai Koefisien Korelasi ini Jika diinterpretasikan pada nilai Interpretasi Koefisien korelasi dapat dikategorikan ?Cukup ? Tingkat Pengaruhnya.