DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI METODE DRILL DENGAN METODE HAFALAN PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADIŚ DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN 1 BOJONEGORO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
Khoridatul Musyawamah (STUDENT ID : 201855010104603)
Chafidz Affandi (LECTURER ID : 0000000000)
M Romadlon Habibullah (LECTURER ID : 2109058801)
Subject
202 Ajaran 
Datestamp
2022-10-24 08:00:37 
Abstract :
Faktor pertama yang dapat mempengaruhi kualitas sumber daya manusia ialah pendidikan. pendidikan menurut beberapa sumber adalah Pendidikan Menurut UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat (1) Tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah pendidikan sebagai usaha sadar dan terencana dalam mewujudkan suasana pembelajaran dan proses belajar agar peserta didik secara aktif bisa mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dengan melalui, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode drill dan metode hafalan dalam penelitian ini meliputi Kepala Sekolah, guru mata pelajaran al-qur?an hadi?, dan siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Aliyah Bojonegoro sudah menerapkan metode drill dan metode hafalan dalam pembelajaran dan sebuah penerapan dalam proses pembelajaran dalam siswa untuk saling bertukar informasi sudah baik. Dalam informasi memiliki sebuah arti yaitu implementasi dalam pembelajaran adalah sekumpulan data atau fakta yang telah diolah dan di proses sedemikian rupa sehingga bisa menjadi suatu yang mudah dimengerti dan difahami bagi peserta didik untuk bisa menerima sebagai pengetahuan dalam proses pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri