Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
NURUL HIDAYAH (STUDENT ID : 3320180124)
Riski Putra Ayu Distira (LECTURER ID : 0102019301)
Ulvina Rachmawati (LECTURER ID : 0705069006)
Subject
155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan
Datestamp
2022-10-24 08:04:24
Abstract :
Self efficacy rendah merupakan suatu keadaan siswa memiliki keyakinan yang kurang terhadap kemampuan dalam melakukan berbagai hal, utamanya kegiatan belajar disekolah, sehingga akan menghambat pencapaian belajar yang baik akademik maupun non akademik. Diperlukan tingkat self efficacy yang tinggi untuk mengoptimalkan pencapaian belajar. Model konseling kelompok teknik cognitive restructuring dapat efektif meningkatkan self efficacy. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keyakinan siswa dengan berupa konseling kelompok teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan self efficacy siswa. Penelitian ini mengunakan metode Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan pre ? experimen, desain penelitian one group pretest postest design dengan melibatkan penelitian ini berjumlah 8 siswa yang memiliki self efficacy rendah di kelas X SMA Plus Al ? Amanah Tlaseh Bojonegoro selama 6 pertemuan dengan menggunakan 65 sampel siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen self efficacy, teknik purposif sampling untuk memilih sampel data dari 190 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji paered sampel t test. Hasil dari hasil post - test 32 siswa terdapat perbedaan yang signifikan antara 2 kelompok, dengan rata ? rata kelompok eksperimen 47% dan rata ? rata kelompok kontrol 84 % dari hasil post - test dapat ditarik kesimpulan bahwa keefektivan konseling kelompok dengan teknik cognitive tructuring efektif untuk meningkatkan self efficacy siswa di SMA Plus Al ? Amanah Sumber Tlaseh Bojonegoro.