DETAIL DOCUMENT
KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL MENURUT KUNTOWIJOYO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
MIFTAKHUL SHOLEH (STUDENT ID : 201855010104429)
Yogi Prana Izza (LECTURER ID : 0731127601)
M. Romadlon Habibullah (LECTURER ID : 2109058801)
Subject
205 Etika keagamaan, etika agama 
Datestamp
2022-10-25 01:59:46 
Abstract :
Indonesia merupakan negara dengan wilayah yang sangat luas yang terdiri dari beribu-ribu etnis, bahasa, agama, tradisi dan budaya yang berinteraksi dan berbaur sehingga terbentuklah masyarakat yang multi etnis. Keberagaman yang ada di Indonesia dapat dijadikan sebagai suatu potensi yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan. Namun kondisi tersebut juga berpotensi menimbulkan konflik antar etnis, agama dan budaya. Dalam hal ini Kuntowijoyo menjelaskan bahwa pendidikan dapat dijadikan solusi yang paling efektif untuk memelihara kemajemukan yang ada di Indonesia khususnya pendidikan Islam multikultural. Dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian studi kepustakaan (library research) yaitu kegiatan penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada di perpustakaan seperti buku referensi, artikel, catatan serta berbagai jurnal. Dengan pendekatan deksriptif analisis deduktif yang dianalisa dari berbagaimacam sumber dan referensi baik yang sifatnya primer maupun sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan Konsep Pendidikan Islam Multikultural menurut Kuntowijoyo secara garis besar adalah konsep pendidikan yang bernafaskan perdamaian, yang memiliki kepekaan terhadap realitas sosial, lebih mengutamakan keselamatan sosial, serta dilandasi dengan nilai-nilai persatuan, toleransi dan keadilan seperti yang terkandung dalam Al-Qur?an dan Hadist. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri