DETAIL DOCUMENT
PENGARUH BAHAN AJAR KARYA SASTRA KOMIK TERHADAP PENGUASAAN UNSUR UNSUR INSTRINSIK TEMA BERBAGAI PEKERJAAN PADA SISWA KELAS 4 MI NURUL HUDA JELU NGASEM BOJONEGORO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
AINUN NI’MAH (STUDENT ID : 20165501260166)
Midya Yuli Amreta (LECTURER ID : 2130079101)
Subject
372 Pendidikan dasar 
Datestamp
2021-11-13 19:35:52 
Abstract :
Media adalah alat perantara yang secara fisik digunakan oleh guru untuk menyampaikan dan menyakinkan isi materi pelajaran serta dapat merangsang belajar yaitu dengan adannya media. Sehingga dengan penerapan media dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa dan dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media bahan ajar komik terhadap penguasaan unsur unsur instrinsik siswa kelas 4 MI Nurul Huda Jelu Ngasem Bojonegoro pada materi unsur unsur instrinsik dengan fokus penelitian: (1) Penerapan media bahan ajar karya sastra komik, (2) Penguasaan unsur unsur Insrinsik (3) Pengaruh bahan ajar karya sastra komik terhadap penguasaan unsur unsur instrinsik. Penelitian ini pada siswa kelas 4 MI Nurul Huda Jelu Ngasem Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif. pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data product moment meliputi reduksi data dengan teknik angket dan tes, penyajian data kemudian pengujian hipotesis. Responden penelitian yaitu kelas 4 MI Nurul Huda Jelu Ngasem Bojonegoro. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media bahan ajar komik di kelas 4 di kategorikan ?Baik?. Hal ini di buktikan dengan perhitungan rata rata hasil observasi aktvitas belajar siswa menggunakan metode role playing pada pelajaran bahasa Indonesia 89%. (2) Penguasaan unsure unsure instrinsik pada kelas 4 eksperimen termasuk dalam kategori ?Baik? Hal ini di buktikan dengan perhitungan rata rata nilai posttest kelas eksperimen 84. (3) Adapun pengaruh metode role playing berbahan ajar karya sastra komik di MI Nurul Huda. Hal ini di buktikan pada hasi analisis data yaitu r hitung = 0.75794862 > r tabel 0.444. sedang t tabel pada taraf signifikan 5% = 2.089 jadi, t hitung > t tabel ( 2.7525998 > 2.089 ). Dengan demikian dapat dikatakan ada pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan bahan ajar karya sastra komik dengan prestasi belajar siswa kelas 4 MI Nurul Huda Jelu Ngasem Bojonegoro. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri