DETAIL DOCUMENT
KEEFEKTIFAN TEKNIK SELF INSTRUCTION DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA MTS HIDAYATUL ISLAM TANJUNGHARJO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
SITI AFIFATUN KHIKMIYAH (STUDENT ID : 3320180129)
Vesti Dwi Cahyaningrum (LECTURER ID : 0715049401)
Yanuari Srianturi (LECTURER ID : 0717019401)
Subject
158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat 
Datestamp
2022-10-26 08:50:50 
Abstract :
Self esteem merupakan penilaian terhadap dirinya dalam kemampuan, keberhargaan dan kebermanfaatan, baik yang berada dalam diri individu tersebut positif maupun negative akan diekspresikan pada diri sendiri maupun lingkungan. Self Esteem mempunyai 9 indikator diantaranya, (1) menerima kepedulian orang lain, (2) memiliki pandangan positif terhadap diri sendiri, (3) mampu mengatur dan mengontrol tingkah laku diri sendiri, (4) dihormati orang lain, (5) memiliki pendapat yang diterima orang lain, (6) mampu menyelesaikan macam-macam tugas yang diberikan, (7) mampu menyelesaikan masalah sndiri, (8) mampu mengambil keputusan sendiri, (9) taat untuk mengikuti etika, norma atau standar moral yang harus dihindari dan harus dilakukan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Metode true exspermental dan menggunakan desain eksperimen posttes-only control design untuk mengetahui keefektifan panduan pelatihan self instruction untuk meningkatkan self esteem pada siswa. Dalam penelitian ini, dibentuk dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang berjumlah 20 siswa yang terbagi masing-masing kelompok berjumlah 10 siswa dan dipilih secara random. Selanjutnya kelompok eksperimen diberi perlakuan (X) dan kelompok kontrol tidak. Dalam penelitian ini pengaruh treatmen dianalisi dengan uji beda dengan menggunkan perhitungan statistic yaitu T-tes.Hasil post test kepada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen berisi 33 butir soal yang valid.menunjukkan selisih rata-rata yang signifikan yaitu 14,32%. Pada kelompok eksperimen rata-rata hasil post test 84,77%, sedangkan pada kelompok kontrol mendapatkan nilai rata-rata 70,45%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa latihan teknik self instruction dapat meningkatkan self esteem yang rendah di MTs Hidayatul Islam Thanjungharjo. Dengan layanan bimbingan kelompok dapat memudahkan proses pelaksanaan teknik self instruction untuk meningkatkan self esteem belajar siswa dengan efektif dan berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri