Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
THOHIROH, MUHAIMINATUT
Habibatul Imamah (LECTURER ID : 2109069101)
Subject
372 Pendidikan dasar
Datestamp
2021-11-13 19:44:57
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika setelah penerapan Model Cooperatif Learning Tipe Team Assisted Inidividualization (TAI) Terintegerasi Brain Gym siswa kelas V MI Mambaul Huda Ngringinrejo, dan mengetahui pengaruh Model Cooperatif Learning Tipe Team Assisted Inidividualization (TAI) Terintegerasi Brain Gym terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MI Mambaul Huda Ngringinrejo. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas siswa MI Mambaul Huda Ngringinrejo yang terdiri atas 6 kelas dengan jumlah keseluruhan 59 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah kelas 5 dengan dipilih dengan menggunakan sample acak diperoleh sampel sebanyak satu kelas dengan jumlah siswa 13 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala hasil belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik Product Moment. Hasil penelitian berdasarkan SPSS 22 for windows memperoleh hasil Cronch?s Alpha sebesar 0,89 untuk hasil angket model cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) terintegrasi Brain Gym dikatakan sangat reliable sedangkan hasil 0,47 untuk hasil belajar dapat dikatakan cukup reliable diperoleh nilai sig sebesar 0,00 (p<0,05). Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat efektivitas Model Cooperatif Learning Tipe Team Assisted Inidividualization (TAI) terintegerasi Brain Gym dalam hasil belajar matematika kelas 5 MI Mambaul Huda. Setelah melakukan perhitungan product moment diketahui bahwa model cooperatif learning tipe Team Assisted Inidividualization (TAI) terintegerasi brain gym mempunyai pengaruh sebesar 73% terhadap hasil belajar matematika