Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
NURIYAH NURUL ISNAINI (STUDENT ID : 20155501260067)
Zumrotus Sa’diyah (LECTURER ID : 2108089102)
Subject
372 Pendidikan dasar
Datestamp
2021-11-13 20:42:40
Abstract :
Model pembelajaran pendidikan agama Islam yang cenderung pasif dan monoton
membuat siswa kurang aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar pendidikan agama Islam
di sekolah. Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan adalah model pembelajaran
kooperatif teknik kancing gemerincing. Oleh karena itu, skripsi ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing terhadap hasil belajar siswa mata
pelajaran pendidikan agama Islam.
Pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing dalam Pendidikan Agama Islam
merupakan suatu model pembelajaran yang khusus untuk memberikan dorongan kepada peserta
didik agar dapat bekerja sama, saling membantu selama proses belajar. Sedangkan belajar hasil
siswa merupakan nilai akhir yang diperoleh dari proses belajar Pendidikan Agama Islam untuk
materi pokok tertentu.
Untuk membuktikan kebenaran hipotesis secara empirik maka peneliti dalam penelitian
ini menggunakan penelitian kuantitatif berbentuk angket dan tes. Dalam penelitian ini,
pertemuan dilaksanakan selama tiga kali, yaitu dua kali pertemuan dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif kancing gemerincing dan satu pertemuan lagi melaksanakan penyebaran
angket dan tes. Populasi penelitian adalah siswa siswi kelas V SDN kedungbondo III sebanyak
15 responden.
Hasil penelitian menunjukkan, rata-rata hasil belajar siswa setelah peneliti menerapkan
model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing sebesar 84,66 .sedangkan untuk hasil
analisis data menggunakan rumus korelasi produk moment pengaruh model pembelajaran
kooperatif teknik kancing gemerincing terhadap hasil belajar siswa yakni 0,988. Dimana nilai
rxy > rt yaitu 0,988 > 0,514/0,641, maka hipotesis kerja diterima dan hipotesis nihil ditolak.
Artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing terhadap hasil belajar
siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas V di SDN kedungbondo III.