DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SDN KEDUNGBONDO III
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
NURIYAH NURUL ISNAINI (STUDENT ID : 20155501260067)
Zumrotus Sa’diyah (LECTURER ID : 2108089102)
Subject
372 Pendidikan dasar 
Datestamp
2021-11-13 20:42:40 
Abstract :
Model pembelajaran pendidikan agama Islam yang cenderung pasif dan monoton membuat siswa kurang aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar pendidikan agama Islam di sekolah. Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan adalah model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing. Oleh karena itu, skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam. Pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing dalam Pendidikan Agama Islam merupakan suatu model pembelajaran yang khusus untuk memberikan dorongan kepada peserta didik agar dapat bekerja sama, saling membantu selama proses belajar. Sedangkan belajar hasil siswa merupakan nilai akhir yang diperoleh dari proses belajar Pendidikan Agama Islam untuk materi pokok tertentu. Untuk membuktikan kebenaran hipotesis secara empirik maka peneliti dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif berbentuk angket dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama tiga kali, yaitu dua kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing dan satu pertemuan lagi melaksanakan penyebaran angket dan tes. Populasi penelitian adalah siswa siswi kelas V SDN kedungbondo III sebanyak 15 responden. Hasil penelitian menunjukkan, rata-rata hasil belajar siswa setelah peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing sebesar 84,66 .sedangkan untuk hasil analisis data menggunakan rumus korelasi produk moment pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing terhadap hasil belajar siswa yakni 0,988. Dimana nilai rxy > rt yaitu 0,988 > 0,514/0,641, maka hipotesis kerja diterima dan hipotesis nihil ditolak. Artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas V di SDN kedungbondo III. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri