DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
SHINTA EKA NURYAH (STUDENT ID : 3420180044)
Astrid Chandra Sari (LECTURER ID : 0721059101)
M. Ivan Ariful Fathoni (LECTURER ID : 0705019103)
Subject
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 
Datestamp
2022-10-28 01:31:35 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evektifitas model pembelajaran creative problem solving dengan pembelajaran blended learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matemaatis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini meggunakan pendekatan pre eksperimental. Pre eksperimental ini mengugunakan desain One-Group Pretest-Posttest Design . Populasi penelitian ini yaitu selurus siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2021/2022. Adapun Sampel dari penelitian ini menggunakan simple random sampling, sampel penelitian ini yaitu Siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Bojonegoro dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Penelitian ini menggunakan Teknik Analisis Inferensial menggunakan program aplikasi SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini meliputi hasil uji one paired sample t test yaitu hasil uji paired t test yang menunjukan bahwa t_hitung 47,894 > t_tabel 2,028 dan sig 0,000 < 0,05 artinya hasil nilai pre test dan post test memiliki perbedaan dan peningkatan yang signifikan. Hasil dari uji one sample t test yang menunjukan t_hitung 15,059 > t_tabel 2,028 dan sig. 0,000 < 0,05 artinya hasil nilai post test memiliki perbedaan dengan KKM yang belaku di sekolah tersebut dan >85% nilai post test siswa untas KKM. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model creative problem solving dalam pembelajaran blanded leaarning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri