DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA HASIL BELAJAR IPS MATERI PENGENALAN UANG KELAS III MI AL MA’HAD ROUDLOTUL HUDA SUKOHARJO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
FAJRIYATUL MUHAFIDHOH (STUDENT ID : 20155501260058)
Habibatul Imamah (LECTURER ID : 2109069101)
Subject
372 Pendidikan dasar 
Datestamp
2021-11-13 21:04:19 
Abstract :
Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang berupa pengetahuan atau pemahaman, keterampilan dan sikap yang diperoleh peserta didik selama berlangsungnya proses belajar mengajar. IPS adalah bidang studi yang mempelajari, menelaah, menganalisis gejala, dan masalah sosial di masyarakat dengan meninjau dari berbagai aspek kehidupan. Numbered Head Together suatu model pembelajaran berkelompok yang setiap anggota kelompoknya bertanggung jawab atas tugas kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada pembelajaran IPS, mengetahui hasil belajar siswa kelas III (tiga) pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Togetherpada pembelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al Ma?had Roudlotul Huda Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen One-Group Pretest-Postest Design. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, metode dokumentasi, dan metode tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together sangat efektif pada mata pelajaran IPS materi Pengenalan Uang di kelas III MI Al Ma?had Roudlotul Huda Sukoharjo. Hal ini terbukti dari hasil analisa yang menghasilkan angka 0,81. Nilai tersebut jika dibandingkan nilai tabel pada signifikasi 5% = 0,396 dan pada signifikan 1% = 0,505. Maka nilai hasil perhitungan lebih besar dari variabel yang berarti penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada mata pelajaran IPS materi Pengenalan Uang sangat efektif. Dan jika dikonsultasikan dengan interpretasi nilai r Product Moment yang ternyata berada diantara nilai 0,81-1,00 yang berarti menunjukkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together sangat tinggi/efektif pada hasil hasil belajar IPS materi Pengenalan Uang di kelas III MI Al Ma?had Roudlotul Huda Sukoharjo. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri