Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
BINTARI WIDYA NUSITA (STUDENT ID : 3320180085)
Zeti Novitasari (LECTURER ID : 0711118702)
Yunita Dwi Setyoningsih (LECTURER ID : 0710068404)
Subject
304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
Datestamp
2022-10-28 01:37:46
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan teknik brainstorming dalam Layanan Bimbingan Kelompok terhadap peningkatan perilaku asertif siswa kelas VIII SMP Islamiyah Kedungjambe Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen (pre eksperimental Design) dengan rancangan design penelitian (One Group Pre-eksperimental Design). Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak Sembilan siswa. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan angket perilaku asertif. Uji validitas instrument menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach alpha dengan bantuan program SPSS versi 22. Analisis data menggunakan teknik statistik non parametrik yaitu wilcoxon Signed Ranks Test dengan bantuan program SPSS versi 22.Hasil penelitian menunjukkan teknik brainstorming dalam layanan bimbingan kelompok berpengaruh positif terhadap peningkatan perilaku asertif siswa. Hal ini dibuktikan dari analisis Wilcoxon Signed Ranks Test pada kelompok eksperimen dengan probabilitas Asymp. Sig. (2 tailed) sebesar 0,008 < 0,5. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat peningkatan skor tertinggi adalah 23,92% dan terendah sebesar 10,27%. Rata-rata skor sebesar 16,11%. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik brainstorming dalam layanan bimbingan kelompok berpengaruh positif terhadap peningkatan perilaku asertif siswa.