Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
ATIKA FARA DIZA (STUDENT ID : 20155501260057)
Firda Zakiatur Rofi’ah (LECTURER ID : 0000000000)
Subject
372 Pendidikan dasar
Datestamp
2021-11-13 21:20:04
Abstract :
Classroom management merupakan kegiatan yang diupaya oleh guru untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan berkualitas bagi peserta didik. Sehingga peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran secara efisien. MI Nurul Ulum Unggulan Sukorejo Bojonegoro termasuk sekolah favorit di kota Bojonegoro. Hal ini dapat dibuktikan dari jumlah siswa baru yang selalu bertambah setiap tahunnya. Di tahun 2004 LP. Ma?arif Wilayah Jawa Timur membuat program sekolah unggulan untuk seluruh wilayah Jawa Timur. MI Nurul Ulum menjadi sekolah yang mewakili Bojonegoro. Selain itu MI Nurul Ulum Unggulan Sukorejo Bojonegoro merupakan sekolahan dengan pengelolaan kelas yang bagus, dilihat dari suasana pembelajaran, penggunaan media dan metode pembelajaran, juga ketrampilan dari guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan imlementasi classroom management, dengan sub fokus menciptakan iklim belajar yang tepat, mengatur ruang belajar, dan mengelola interaksi kegiatan belajar mengajar. Mendeskripsikan hambatan dalam classroom management, dan upaya dalam mengatasi hambatan tersebut di MI Nurul Ulum Unggulan Sukorejo Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, verivikasi dan penegasan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, wali kelas, dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan memberikan semangat pada siswa, guru menggunakan media dan metode pembelajaran yang bervariasi. Tempat duduk yang ada di sekolah sudah layak dan sesuai dengan siswa dan guru merubah format atau posisi tempat duduk siswa secara berkala. Guru membuka pembelajaran dengan berdoa dan mengakhiri pembelajaran dengan menyimpulkan materi yang telah dipelajarai. Untuk memberikan penguatan kepada siswa guru memberikan reward di setiap tugas atau bagi siswa yang mentaati peraturan.