Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
Roikhatul Jannah (STUDENT ID : 20185501260231)
Nurul Mahruzah Yulia (LECTURER ID : 0722079501)
Subject
370 Pendidikan
Datestamp
2022-12-02 03:37:42
Abstract :
Mata pelajaran Matematika diajarkan dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas pendidikan dalam ranah kegiatan pembelajaran. Pembelajaran. matematika dianggap sulit dan membosankan karena hanya teori saja tanpa menggunakan alat bantu seperti media pembelajaran. Tanpa menggunakan media saat pembelajaran siswa sulit memahami materi matematika terutama materi penjumlahan dan pengurangan.Manfaat pengembangan media untuk mengetahui bagaimana penggunaan media Calculator Box, sebagai sarana untuk membantu guru dalam menyampaikan pembelajaran, agar lebih mudah memahami materi penjumlahan dan pengurangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan media pembelajaran dan mendeskripsikan uji validitas pengembangan media pembelaran Calculator Box pada materi penjumlahan dan pengurangan kelas 1 MI Rhoudlotut Tholibin Ash-Shodiqin Maibit Rengel Tuban.
Penelitian ini merupakan pengembangan Research and Development. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Objek penelitian ini adalah siswa kelas I MI Rhoudlotut Tholibin Ash-Shodiqin Maibit Rengel Tuban.
Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data meliputi uji validitas untuk mengetahui baik tidaknya instrumen penelitian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut : (1) Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) (2) berdasarkan validasi ahli materi terhadap pengembangan media Calculator Box diperoleh skor 86% dengan kategori sangat baik menunjukkan bahwasanya materi sesuai dengan media pembelajaran, sedangkan validasi ahli media terhadap pengembangan media Calculator Box diperoleh skor sebesar 66% dengan kategori cukup baik, maka media layak digunakan. Hasil Pre-Test 25% dinyatakan tidak tuntas, kemudian dilakukan Post-Test dengan hasil 75% sehingga siswa mengalami peningkatan dalam pembelajaran.