DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI ASESMEN PORTOFOLIO DALAM MATA PELAJARAN FIQIH BAB JINAYAH KELAS XI DI MAN 1 BOJONEGORO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
CHINTYA AJENG DILLA VEGGA RACHMA (STUDENT ID : 201855010104549)
GIATI ANISAH (LECTURER ID : 2104079104)
FAHMI KHUMAINI (LECTURER ID : 2104099007)
Subject
207 Misi dan pendidikan agama 
Datestamp
2022-10-31 01:22:51 
Abstract :
Penilaian portofolio adalah suatu penilaian yang bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam membangun dan merefleksikan suatu pekerjaan/tugas melalui pengumpulan bahanbahan yang relevan dengan tujuan dan keinginan yang dibangun oleh peserta didik. Sehingga hasil pekerjaan tersebut dapat dinilai dan dikomentari oleh guru dalam periode tertentu. Penilaian portofolio juga dapat menggerakan dan meningkatkan level kognitif siswa yang dilihat dari hasil portofolio itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Bagaimana level kognitif taksonomi bloom pada asesmen portofolio dalam pelajaran fiqih bab Jinayah kelas XI di MAN 1 Bojonegoro. (2)Bagaimana pelaksanaan asesmen portofolio dalam pelajaran fiqih bab Jinayah kelas XI di MAN 1 Bojonegoro. (3)Bagaimana hasil implementasi asesmen portofolio dalam pelajaran fiqih bab Jinayah kelas XI di MAN 1 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian portofolio mampu menjangkau keseluruhan aspek perkembangan anak didik yang menjadi sasaran penilaian pembelajaran, yaitu; proses dan hasil, wawasan pengetahuan, sikap, ketrampilan, dan kondisi spiritual anak didik. Bersadarkan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa implementasi asesmen portofolio pada pelajaran fiqih di MAN 1 Bojonegoro efektif dan berhasil diterapkan. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri