Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
MIFTAHUL JANNAH (STUDENT ID : 20185501260223)
FIRDA ZAKIYATUR ROFI’AH (LECTURER ID : 2106089303)
DEWI NISWATUL FITRIYAH (LECTURER ID : 0721089502)
Subject
371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Datestamp
2022-10-31 01:38:02
Abstract :
Hampir semua materi yang diberikan di sekolah dasar perlu dihafalkan, seperti mata pelajaran matematika dimana siswa harus sudah memahami dan hafal dengan penghitungan, seperti pembagian, pengurangan, penambahan, maupun perkalian. Oleh karena itu, guru perlu melakukan quiz perkalian kepada siswa di sekolah, misalnya sebelum memasuki kelas. Adapun tujuan diadakannya quiz di sekolah, khususnya sebelum memasuki kelas adalah untuk melatih serta membiasakan siswa secara konsisten dengan sebuah tujuan, sehingga benar-benar tertanam pada diri anak dan akhirnya menjadi kebiasaan yang sulit dilupakan di kemudian hari. Dari masalah yang telah dipaparkan di atas, hal tersebut mendorong keinginan peneliti untuk mengkajinya lebih lanjut ke dalam bentuk penelitian ilmiah guna mengetahui penerapan quiz perkalian sebelum memasuki kelas berpengaruh terhadap hasil belajar pelajaran matematika siswa kelas 2 MI Al Ma?had Raudlatul Huda Sukoharjo Bojonegoro. Penelitian ini bertujuan, antara lain 1) Untuk mengetahui penerapan quiz pra pembelajaran kelas II MI Al Ma?had Raudlatul Huda Sukoharjo Bojonegoro, 2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika materi satuan waktu kelas II MI Al Ma?had Raudlatul Huda Sukoharjo Bojonegoro, 3) Untuk mengetahui pengaruh quiz pra pembelajaran terhadap hasil belajar matematika materi satuan waktu kelas II MI Al Ma?had Raudlatul Huda Sukoharjo Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis komparasi dengan uji non parametrik Mann Whitney. Sampel penelitian adalah kelas II MI Al Ma?had Raudlatul Huda Sukoharjo Bojonegoro sebagai kelompok eksperimen dan kelas II MI Roudlotut Tholibin Panjunan Bojonegoro sebagai kelompok kontrol yang keduanya berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan quiz pra pembelajaran terhadap siswa kelas II MI Al Ma?had Raudlatul Huda Sukoharjo Bojonegoro tergolong baik, 2) Hasil belajar matematika materi satuan waktu kelas II MI Al Ma?had Raudlatul Huda Sukoharjo Bojonegoro mengalami perubahan yang positif, 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya quiz pra pembelajaran matematika materi satuan waktu kelas II MI Al Ma?had Raudlatul Huda Sukoharjo Kalitidu Bojonegoro.